Pada hakekatnya tujuan utama Ilmu pengetahuan khususnya kerohanian adalah mengantarkan masyarakatnya untuk dapat hidup sejahtera, tentram dan damai sepanjang waktu. Para leluhur pada Jaman dahulu telah merumuskan nilai-nilai pengetahuan ketuhanan yang sederhana namun kaya filosophf pada etika sosial, proses sadhana dan ritual upakara ( bhakti dan karma marga ). Begitupula pada golongan masyarakat tertentu juga sudah dirumuskan prinsip pengetahuan utama yakni rahasia kehidupan dan kesadaran ketuhanan yang tertinggt ( jnana dan raja marga ).

Rumusan-rumusan pengetahuan ketuhananini memiliki dasar yang kuat pada masing-masing penggalinya yang disebut sampradaya atau sekte, sepertl Pasupataya, Ganapataya, Siwa Sampradaya, Sekte Indra, Sekte Bairawa, Kamahayanan, Kasogathan dan yang lainnya. Pada abad pertengahan semua sampradaya dan faham yang ada disatukan oleh Mpu Kuturan menjadi faham tri murti yakni sebuah ajaran yang hanya memiliki dasar ketuhanan pada Dewa Brahma, Desa Wisnu dan Dewa Siwa. Inilah yang menjadi cikal bakat penyatuan masyarakat bali yang sebetumnya terpecah-pecah kedalam sampradaya atau sekte. Penyatuan masyarakat Bali ini dibuatkan sistem kemasyarakatn lagi dengan nama Desa pakraman dengan memiliki tiga kahyangan yakni kahyangan puseh, kahyangan desa dan kahyangan dalem dengan pelaksanaan penyelenggaraan.

Yajnya dan kegiatan lainnya menyesuaikan pada wilayah setempat.



Ekajati


Ekajati


Pertanyaan:

Pinih riin nunas lugra turmaning ampura lungsur titiang ring linggih Ida Pandita, dumadak titiang tan keneng cakra bawa ngajap linggih Ida Pandita.

Nawegang titiang ring Ida anak lingsir, duaning wenten piranti saking Singaraja Pos, malarapan Rubrik Dharma Tula titiang ngaturang banget panglungsur ring Ida anak lingsir indik kabuatan titiange.

Sapuniki, Ida anak lingsir, titiang sakulawarga Krama Dadia ngayat jagi nangun yadnya, inggih punika Pitra Yadnya, nangiang panglingsir titiange sane kari daki, jagi kaaben/ palebon. Ri sajeroning sawa sane tangiang titiang, wenten sane sampun mesapsapan ngiring dados juru sapuh.

Sane lungsurang titiang:
1. Napike sane sampun mesapsapan/ ekajati dados juru sapuh punika kalugra dadosang asiki ring sawa sane tiosan ri sajeroning patulangan rauhing wadah. Menawi wenten dasar sane mawosang indike punika.

2. Benjangan menawi wenten sinalih tunggil sang sampun ma-eka jati mantuk ke sunia, sapunapi antuk layon dane, napi dados masurupan utawi sapunapi pailenia sane patut; nunas yening wenten dasar sastra sane mawosang indike puniki.

3. Indik pamuput, titiang jagi ngelungsur ring Ida Pandita, sakewanten polih titiang miragi, kocap wargan titiange nenten kalugra kaketisin tirta saking Ida Pedanda. Napi wiakti asapunika, turmaning napi wenten sastra sane mawosang indike punika. Indik wargan titiange, preti sentana Tangkas Kori Agung.

4. Napi tiosne: Ida Pedanda, Ida Sri Mpu, Ida Pandita, yening kapari tetes ri sajeroning kayogyan muput yadnya (upacara).
    Inggih wantah banget pisan panglungsur titiang, dumadak Ida anak lingsir pinaka panyuryan titiang ledang ngetelang pawecana manut ring panglungsur titiang.

    Lianan ring punika titiang ngaturang dahat suksma antuk kaledangan Ida anak lingsir, tur titiang nunas pengampura banget yening pet wenten atur titiang sane nenten munggah ring kayun Ida anak lingsir. Dumugi rahajeng.

    Jawaban:

    Pinih riin Pandita angayu bagia pisan indik pitaken nanak, turmaning wikan pisan nanak meatur-atur mebasa Bali. Sakewanten desa-kala-patrane mangkin, Agama Hindu taler keagemin antuk semetone lianan ring warga Bali, minekadi: Jawa, Kalimantan, Batak miwah sane tiosan.

    Semalihne akeh warga Baline, utamane sane anom-anom ten tatas pisan mebasa Bali. Punika te ngawinang Pandita mepaica Dharma Wacana lan Dharma Tula nganggen Bahasa Indonesia, mangde sampunang bahasa dados pamelat meligbagang indik ke-Dharmaan. Indik Pitaken nanak Pandita jagi nyawis nganggen Bahasa Indonesia:

    1. Mereka yang sudah disucikan Ekajati yang digolongkan sebagai Pinandita, yaitu: Pemangku Tapakan Widhi, Pemangku Dalang, Pemangku Tukang Banten, dll. apabila meninggal dunia tidak boleh ditanam/ dipendem melainkan harus dibakar atau di-aben karena bila ditanam akan menimbulkan keletehan Desa dan para Pemuka Desa akan terkena kutukan.

    Ini berdasarkan Lontar KusumadewaYan hana Pamangku Widhi sampun putus madiksa Widhi, mawinten, mapahayu agung, tekaning antaka aywa pinendem, tan wenang, ila-ila dahat ikang bhumi kena upadrawa sang panenggeking bhumi”. yang berbunyi sebagai berikut:”

    Selanjutnya bila di-aben secara massal (kumpulan) layon Dane (mayatnya) tidak boleh disatukan dengan saudara-saudaranya yang belum mawinten, baik di Pepaga pabersihan, Tumpangsalu, Wadah, maupun Patulangan. Demikian juga nanti rantasan pengulapan, rantasan mepaingkup, dan rantasan nyegara gunung harus terpisah dengan saudara-saudaranya yang lain.

    Selain yang disebutkan itu, boleh digabung, demikian pula ketika ngelinggihang di Sanggah Kamulan, atau di palinggih Dewa Hyang, boleh digabung dengan saudara-saudaranya yang lain.
    Hal ini disebutkan dalam Lontar-lontar: Kusumadewa, Tattwa Siwa Purana, Tattwa Dewa, dan Usana Bali, bahwa seorang Pamangku mempunyai kelebihan dari orang lain karena tugas yang diembannya sebagai Tapakan Widhi dan untuk itu semasa hidupnya beliau melaksanakan disiplin “beberatan” yang ketat serta banyak larangan-larangan yang harus ditaati agar tidak menjadi “cemer” (ternoda) atau “kesepungan” (kena imbas dosa/ noda orang lain).

    Ketika beliau di-aben “Sanghyang Atma” mendapat kedudukan yang lebih tinggi dari orang kebanyakan karena “karma wasana” yang baik ketika hidup di dunia sebagai Pamangku.

    2. Sudah terjawab di nomor 1 di atas.

    3. Tidak ada sumber sastra yang menyebutkan bahwa seseorang atau suatu upacara yadnya tidak boleh “kaketisin Tirta Ida Pedanda”.

    Namun kenyataan yang ada di masyarakat (terutama di Buleleng) banyak yang mengemukakan hal demikian. Ini berkaitan dengan “Dresta”, yaitu Kuna Dresta (kebiasaan yang telah diwarisi turun temurun), dan Loka Dresta (kebiasaan yang diyakini oleh sekelompok orang/ masyarakat).
    Riwayatnya dimulai ketika Buleleng masih dikuasai oleh pemimpin yang bernama Ki Pungakan Gendis. Ketika itu Buleleng sebahagian besar belum berpenghuni; konsentrasi penduduk ada di sebelah barat, yaitu sekitar Panji sampai Kayuputih, dan Gobleg. Di pesisir pantai dikuasai para Bajak laut orang-orang Bugis.

    Belum ada Brahmana/ Pedanda/ Pandita, sehingga rakyat yang ingin melaksanakan upacara yadnya, mohon tirta pemuput di Pura-pura: Pura Dalem, Pura Desa, atau memuja Bethara Siwa dengan mendirikan Pura Siwa.

    Kemudian Ki Barak yang putra Dalem Seganing (Raja Gelgel) datang ke Buleleng pada tahun 1611 Masehi. Empat tahun kemudian beliau berhasil membunuh Ki Pungakan Gendis, lalu mengawini putri Ki Pungakan Gendis yang bernama Dewa Ayu Juruh, beliau kemudian memimpin Buleleng dengan gelar I Gusti Anglurah Panji Sakti.

    Setelah putra-putrinya beranjak dewasa, beliau memerlukan seorang Brahmana Pedanda untuk mendidik putra-putrinya. Atas usaha kakeknya, yaitu Ki Pasek Gobleg, berhasillah dimohon seorang Brahmana Pedanda untuk menetap di Buleleng menjadi Bhagawanta Puri di Sukasada.

    Ida Pedanda tersebut abhiseka: Ida Pedanda Sakti Ngurah, yaitu putra dari Ida Pedanda Sakti Kemenuh dan masih putu dari Ida Pedanda Sakti Wawu Rawuh atau juga dikenal dengan bhiseka Ida Danghyang Nirartha.

    Semenjak itu Raja Panji Sakti menghimbau rakyat Buleleng agar me-surya kepada Ida Pedanda Sakti Ngurah. Sebahagian rakyat Buleleng menuruti titah Raja, namun sebahagian tetap memegang tradisi lama, yaitu “me-Siwa Dewa”, yaitu memohon tirta-tirta pemuput ke Pura-Pura yang disebutkan di atas.

    Pelaksana upacara adalah para Pamangku Pura-Pura tersebut yang dengan sendirinya “ngeloka palasraya” di lingkungan warganya masing-masing. Tradisi atau dresta itu hingga saat ini masih ditemukan di Buleleng.

    4. Kedudukan, status, fungsi dan wewenang muput upacara yadnya dari: Ida Pedanda, Ida Pandita, Ida Sri Mpu, Ida Sri Bhagawan, dan lain-lain yang sudah “me-Dwijati” adalah sama.
    Sumber sastranya adalah Bhagawadgita, di mana disebutkan dalam percakapan ke-4 antara lain sebagai berikut:
    SRIBHAGAWAN UWACHA: IMAM WIWASWATE YOGAM, PROKTAWAN AHAM AWYAYAM, WIWASWAN MANAWE PRAHA, MANUR IKSHWAKAWE BRAWIT
    (Sri Bhagawan bersabda: ilmu yang langgeng abadi ini aku turunkan kepada Wiwaswan, dan Wiwaswan mengajarkan kepada Manu dan Manu menerangkan kepada Iswaku).
    Selanjutnya:
    EWAM PARAMPARAPRAPTAM, IMAM RAJARSHAYO WIDUH, SA KALENE HA MAHATA, YOGO NASHTAH PARAMTAPA
    (Demikian diteruskan turun temurun kepada Pandita yang mengetahuinya hingga dalam masa yang sangat panjang tiada hilang di dunia ini, Oh Parantapa = Arjuna).

    Selanjutnya:
    CHATUR WARNYAM MAYA SRISHTAM, GUNA KARMA WIBHAGASAH, TASYA KARTARAM API MAM, WIDDHY AKARTARAM AWYAYAM
    (Catur warna adalah ciptaanku menurut pembagian kUalitas dan kerja tetapi ketahuilah, walaupun penciptanya Aku tidak berbuat dan merobah diri-Ku).

    Dari ketiga bait itu telah disimpulkan dan disarikan dalam Ketetapan Sabha Parisada Hindu Dharma ke-2 tahun 1968, bahwa umat Hindu dari segala warga yang memenuhi syarat dapat disucikan (di-Diksa) menjadi Sulinggih Dwijati.

    Ketetapan ini dipertegas lagi dalam Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu ke-14 tahun 1986/ 1987 tentang Pedoman Pelaksanaan Diksa.
    Mengenai Bhiseka (Gelar Dwijati) diserahkan kepada masing-masing kelompok warga, misalnya:
    • dari warga Pasek memakai Bhiseka: Ida Pandita Mpu
    • dari warga Pande memakai Bhiseka: Ida Pandita Mpu
    • dari warga Arya memakai Bhiseka: Ida Pandita Rsi
    • dari warga Warih Dalem memakai Bhiseka: Ida Pandita Sri Bhagawan, seperti halnya Pandita yang menggunakan Bhiseka: Ida Pandita Sri Bhadwija (Bhagawan Dwija). “Dwija” artinya: Pendeta, dan juga merupakan potongan Bhiseka Ida Nabe.

    Sumber:
    http://stitidharma.org
    c2.staticflickr.com

    Comments