Pada hakekatnya tujuan utama Ilmu pengetahuan khususnya kerohanian adalah mengantarkan masyarakatnya untuk dapat hidup sejahtera, tentram dan damai sepanjang waktu. Para leluhur pada Jaman dahulu telah merumuskan nilai-nilai pengetahuan ketuhanan yang sederhana namun kaya filosophf pada etika sosial, proses sadhana dan ritual upakara ( bhakti dan karma marga ). Begitupula pada golongan masyarakat tertentu juga sudah dirumuskan prinsip pengetahuan utama yakni rahasia kehidupan dan kesadaran ketuhanan yang tertinggt ( jnana dan raja marga ).

Rumusan-rumusan pengetahuan ketuhananini memiliki dasar yang kuat pada masing-masing penggalinya yang disebut sampradaya atau sekte, sepertl Pasupataya, Ganapataya, Siwa Sampradaya, Sekte Indra, Sekte Bairawa, Kamahayanan, Kasogathan dan yang lainnya. Pada abad pertengahan semua sampradaya dan faham yang ada disatukan oleh Mpu Kuturan menjadi faham tri murti yakni sebuah ajaran yang hanya memiliki dasar ketuhanan pada Dewa Brahma, Desa Wisnu dan Dewa Siwa. Inilah yang menjadi cikal bakat penyatuan masyarakat bali yang sebetumnya terpecah-pecah kedalam sampradaya atau sekte. Penyatuan masyarakat Bali ini dibuatkan sistem kemasyarakatn lagi dengan nama Desa pakraman dengan memiliki tiga kahyangan yakni kahyangan puseh, kahyangan desa dan kahyangan dalem dengan pelaksanaan penyelenggaraan.

Yajnya dan kegiatan lainnya menyesuaikan pada wilayah setempat.



Doa Saiban atau Ngejot

Mantra/Doa Mesaiban atau Ngejot

Lugrayang titiang membagikan Beberapa Doa Saiban atau Ngejot yang setiap hari dilakukan dalam masyarakat Hindu.


1. Di Dapur

  • Tempat Beras
    Doa : Om Sri Dewya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai penguasa Amertha, hamba bersujud pada-Mu.
  • Kompor / Tungku
    Doa : Om Sang Hyang Tri Agni Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Agni, sebagai penguasa penerang dalam kegelapan, sebagai sumber energi bagi kehidupan, hamba bersujud pada-Mu.
  • Tempat Air
    Doa : Om Gangga Dewya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Dewi Gangga, hamba bersujud pada-Mu.
  • Pelangkiran
    Doa : Om Dewa Datta Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Purusa Predana, sebagai sumber dari kehidupan, hamba bersujud pada-Mu.

2. Di Sumur

  • Doa : Om Ung Wisnu Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Wisnu, penguasa Air kehidupan, hamba bersujud pada-Mu.

3. Lubang Saluran Air Limbah

  • Doa : Ih Sang Kala Sumungsang Ya Namah
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Kala Sumungsang, hambaa bersujud pada-Mu.

4. Di Merajan

  • Kemulan
    Doa : Om Ang, Ung, Mang Paduka Guru Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Wijaksara Ang-Ung-Mang atau Tri Guru, hamba bersujud pada-Mu.
  • Taksu
    Doa : Om Ang, Ung, Mang Paduka Guru Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Wijaksara Ang-Ung-Mang atau Tri Guru, hamba bersujud pada-Mu.
  • Sri Sedana
    Doa : Om Kuwera Dewa Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Sang Hyang Kuwera, sebagai penguasa kekayaan, hamba bersujud pada-Mu.
  • Tugu Capah
    Doa : Om Sang Hyang Durga Maya Ya Namah
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Durgamaya sebagai saktinya Siwa, penguasa atau dari Butha Kala, hamba bersujud kepada-Mu.
  • Penglurah
    Doa : Om Anglurah Agung Bhagawan Penyarikan Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Anglurah sebagai perantara bagi Sang Anembah dengan Sang Kasembah, hamba bersujud kepada-Mu.

5. Tugu Penunggun Karang

  • Doa : Om Ang, Ung, Mang Paduka Guru Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Wijaksara Ang-Ung-Mang atau Tri Guru, hamba bersujud pada-Mu.

6. Pengijeng

  • Doa : Om Sang Hyang Indra Blaka Ya Namah Swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud sebagai penguasa alam, hamba bersujud pada-Mu.

7. Pengadang-adang

  • Doa : Om Sang Maha Kala, Nandikala Boktya Namah
    Arti : Ya Tuhan, Nandi Kala sebagai penjaga pintu masuk, hamba menghaturkan persembahan semoga berkenan.

8. Pintu Masuk

  • Doa : Om Sang Hana Dora Kala Ya Namah
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud-Mu sebagai Dorakala, hamba bersujud kepada-Mu.

9. Tempat Ari-Ari

  • Doa : Ih, Anta, Preta, Bhuta, Kala Dengen, Ya Namah
    Arti : Ya Anta, Preta. Butha, Kala Dengen hamba bersujud pada-Mu.
Berikut adalah Mantra tambahan untuk keluarga yang memiliki Pelinggih yang lengkap.

Panglurah Telenging Segara:

  • Doa : Ih, Ah Ing Panglurah Telengin Segara ya namah swaha.
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Penglurah Telenging Segara, hamba memuja Mu.

Tugu Penyarikan:

  • Doa : Ih, Ah Ing Panglurah Agung ya namah swaha.
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Panglurah Agung, hamba memuja Mu.

Gedong Hyang:

  • Doa : Om Ung Prajapatya namah, Om Mang Mataya namah, Om Tang Prapita ya namah, Om Ing Paramataya ya namah.
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Mu sebagai Prajapati, Mataya, Prapita, Paramataya, hamba bersujud dihadapan Mu.

Pelinggih Menjangan Saluwang:

  • Doa : Om Ah Sukla Dewi Maha Laksmi Sri Giri Pati Sukla Pawitrani swaha.
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Dewi Maha Laksmi Sri Giri Pati, hamba menghaturkan sembah sujud kehadapan Mu.

Gedong Agung:

  • Doa : Om Giripati ya namah swaha
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Giripati, hamba bersujud dihadapan Mu.

Gedong Sari:

  • Doa : Om Sri Laksmi Dewi ya namah swaha.
    Arti : Ya Tuhan, dalam wujud Dewi Sri Laksmi, hamba bersujud dihadapan Mu.
Sumber:

Comments