Pada hakekatnya tujuan utama Ilmu pengetahuan khususnya kerohanian adalah mengantarkan masyarakatnya untuk dapat hidup sejahtera, tentram dan damai sepanjang waktu. Para leluhur pada Jaman dahulu telah merumuskan nilai-nilai pengetahuan ketuhanan yang sederhana namun kaya filosophf pada etika sosial, proses sadhana dan ritual upakara ( bhakti dan karma marga ). Begitupula pada golongan masyarakat tertentu juga sudah dirumuskan prinsip pengetahuan utama yakni rahasia kehidupan dan kesadaran ketuhanan yang tertinggt ( jnana dan raja marga ).

Rumusan-rumusan pengetahuan ketuhananini memiliki dasar yang kuat pada masing-masing penggalinya yang disebut sampradaya atau sekte, sepertl Pasupataya, Ganapataya, Siwa Sampradaya, Sekte Indra, Sekte Bairawa, Kamahayanan, Kasogathan dan yang lainnya. Pada abad pertengahan semua sampradaya dan faham yang ada disatukan oleh Mpu Kuturan menjadi faham tri murti yakni sebuah ajaran yang hanya memiliki dasar ketuhanan pada Dewa Brahma, Desa Wisnu dan Dewa Siwa. Inilah yang menjadi cikal bakat penyatuan masyarakat bali yang sebetumnya terpecah-pecah kedalam sampradaya atau sekte. Penyatuan masyarakat Bali ini dibuatkan sistem kemasyarakatn lagi dengan nama Desa pakraman dengan memiliki tiga kahyangan yakni kahyangan puseh, kahyangan desa dan kahyangan dalem dengan pelaksanaan penyelenggaraan.

Yajnya dan kegiatan lainnya menyesuaikan pada wilayah setempat.



Natab Banten Bayakaon Menjelang Nyepi

Natab Banten Bayakaon Menjelang Nyepi

Banten Bayakaon, Berasal dari kata baya dan kaon. Baya artinya segala sesuatu yang membahayakan baik pada setiap upakara yadnya, pralingga, termasuk yang terdapat dalam diri sendiri, yang
kemudian dapat menimbulkan gejolak-gejolak negatif tatkala berpikir, berucap dan berprilaku yang bersumber dari ahamkara (egoisme). Sedangkan kata Kaon artinya menghilangkan.
Dalam Lontar Rare angon dikatakan: “ Banten Bayakaon inggih punika maka sarana ngicalang sekancanin pikobet-pikobet sane nenten ecik, dumugi sidha galang apadang”.

Dengan demikian Banten Bayakaon berfungsi sebagai sarana untuk menghilangkan semua gejolak negatif yang bersumber dari ahamkara (egoisme).
Pada saat menjalankan prosesi Bayakaon ini tirtha dipercikkan ke bawah atau dari pinggang ke bawah dan diayab kebelakang.
Demikian disebutkan makna dan fungsinya sebagaimana dijelaskan Banten Bayakaon / Byakaon/ Byakala dalam cakra wahyu peduli Bali
Untuk Tetandingan Banten Bayakaon utawi Biyakaon/Byakala,
  • Medasar antuk tatempeh utawi sidhi masusun antuk taledan,
  • medaging beras ajumput,
  • benang lan tampelan,
  • duwur nyane dagingin kulit sayut antuk don pandan,
    duwur kulit peras nyane dagingin nasi maslekos sumping (slekos segi tiga) utawi tumpeng asiki, kojong rangkadan l.bebuwu, isuh-isuh atakir, taluh syap matah 1. sepet sambuk, danyuh mategul, raka who-wohan, canang pahyasan, sampyan Nagasari, sasedep tepung tawar, tatebus benang barak, coblong l, payuk pere l,
  • sami eteh-eteh nyane melakar antuk don andong barak.

Mantra Ngaturang Byakaon/Byakala:

Alternatif Pertama :

Om pukulun sang kala kali, puniki ta pabyakala nira, sang yajamana, katur ring sang kala kali, sira ta reka pukulun, angeluarana sakueh ikang kala kecarik. Kala pati, kala lara, lara karogan, kala ujar, kala pepugan, kala gringgingan, kala sepetan, kala kecang kingan, kala brahma, kala undar-andir, mekadi sekueh ikang kala ingena, keluarana denira bhatara Siva, mekadi betara betari, lah sama mata sang kala-kali, mundur sedulur maring ipun sang abayakala, den ipun anutugaken tuwuh, tunggumen denira sang Hyang Premana, ketekan sari nadyanipun.
Om siddhirastu ya namah swaha.

Alternatif Kedua :

Pakulun batara kala, batara kala sakti, sang kala petak, sang kala bang, sang kala jenar, sang kala ireng, sang kala manca warna, sang kala karogan-rogan, sang kala sepetan, sang kala gering, sang kala pati, sira sang sedahan kala kabeh, aja sira anyungkalen sang Hyang Deva, muang manusanira ring mrecapada, aluara sira ring prewatek sang Hyang Deva, iki buktin sira kabeh, iki tadah sajinira pilih abelanira soang-soang pasang sarga sira ring batara  Siva
Ong sang kala kali bya bakta ya namah, Ong ksama sampurna ya namah.
Om sarwa kala ksama sampuna ya namah swaha.


Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Om, tat astu rahayu makesami...

Sumber:Juru Sapuh

Comments