Pada hakekatnya tujuan utama Ilmu pengetahuan khususnya kerohanian adalah mengantarkan masyarakatnya untuk dapat hidup sejahtera, tentram dan damai sepanjang waktu. Para leluhur pada Jaman dahulu telah merumuskan nilai-nilai pengetahuan ketuhanan yang sederhana namun kaya filosophf pada etika sosial, proses sadhana dan ritual upakara ( bhakti dan karma marga ). Begitupula pada golongan masyarakat tertentu juga sudah dirumuskan prinsip pengetahuan utama yakni rahasia kehidupan dan kesadaran ketuhanan yang tertinggt ( jnana dan raja marga ).

Rumusan-rumusan pengetahuan ketuhananini memiliki dasar yang kuat pada masing-masing penggalinya yang disebut sampradaya atau sekte, sepertl Pasupataya, Ganapataya, Siwa Sampradaya, Sekte Indra, Sekte Bairawa, Kamahayanan, Kasogathan dan yang lainnya. Pada abad pertengahan semua sampradaya dan faham yang ada disatukan oleh Mpu Kuturan menjadi faham tri murti yakni sebuah ajaran yang hanya memiliki dasar ketuhanan pada Dewa Brahma, Desa Wisnu dan Dewa Siwa. Inilah yang menjadi cikal bakat penyatuan masyarakat bali yang sebetumnya terpecah-pecah kedalam sampradaya atau sekte. Penyatuan masyarakat Bali ini dibuatkan sistem kemasyarakatn lagi dengan nama Desa pakraman dengan memiliki tiga kahyangan yakni kahyangan puseh, kahyangan desa dan kahyangan dalem dengan pelaksanaan penyelenggaraan.

Yajnya dan kegiatan lainnya menyesuaikan pada wilayah setempat.



Mengalah Menuntut Keberanian

Mengalah Menuntut Keberanian

Mengalah seringkali menjadi tantangan besar bagi kita. Tak semua orang berani mengalah. Untuk mengalah, bagi sementara orang juga berarti pertempuran sengit didalam. Ia tentu menimbulkan konflik batin hingga intensitas dan dalam jangka waktu tertentu. Mengalah merupakan suatu bentuk dari keberhasilan dalam 'pengendalian diri'. Memang, ada yang mempunyai watak bawaan gampang mengalah; sementara mungkin lebih banyak yang mengalami kesulitan untuk mengalah.
Sesungguhnya, ia bukanlah suatu watak bawaan semata, akan tetapi dapat dilatih. Dalam konteks ini, seni mengalah juga dapat disebut sebagai seni olah batin.

Mengalah Berarti Pertempuran Sengit Didalam


Setiap pertempuran, juga merupakan konplik. Besar-kecil dan jangka waktu terjadinya konflik batin pada setiap orang berbeda-beda. Itu tergantung pada faktor relatif yakni : pembawaan, masalah yang menjadi pemantiknya dan kemampuan untuk pengendalian diri. Bhawasannya 'pembawaan' seseorang berbeda-beda, telah kita maklumi bersama. Ia menyangkut masalah karakter, minat dan bakat seseorang. Ada yang lebih mudah mengalah, dan ada pula yang amat sulit untuk mengalah. Mereka yang bersifat agak kaku dan keras kepala, lebih sulit untuk mengalah dibandingkan dengan mereka yang mempunyai sifat luwes dan penurut. Bagi yang disebutkan belakangan pun sesungguhnya konflik batin tetap ada, namun dalam intensitas yang lebih kecil dan mereda dalam waktu relatif singkat.
Ada juga yang berpembawaan cenderung ber-reaksi secara aktif, bahkan agresif dan ofensif terhadap sesuatu permasalahan, ada pula yang cenderung pasif dan defensif ataupun proaktif. Yang disebut belakangan, mempunyai ketahanan yang lebih terhadap konflik eksternal- dengan pihak luar-disamping lebih tenang secara internal. Kita sering juga terkecoh oleh sifat atau kecendrungan-kecendrungan, yang menampilkan tampakan luar 'tenang' ini. Orang luar bisa saja menyangka bahwa yang bersangkutan memang telah 'terlatih' dalam mengendalikan diri, padahal sesung-guhnya itu hanya bawaan saja. Mereka yang berpembawaan seperti ini, juga seringkali disebut dengan bertipe 'intro-vert'. Mungkin tipe inilah disebut dengan 'Tenang tapi menghayutkan', dalam kehidupan sehari-hari.
Masalah yang menjadi pemantik konplik batin, juga berbeda-beda bagi setiap orang. Saya misalnya, lebih mudah sewot menghadapi orang yang agak dungu. Ia melelahkan; karena sementara ingin diberi penjelasan tentang sesuatu, namun tak kunjung mengerti. Sementara, saya sulit untuk menyerah begitu saja, sebelum ia menunjukkan tanda-tanda mengerti. Maka sengsaralah saya dalam usaha untuk membuatnya mengerti. Mungkin banyak diantara kita yang bersifat penyabar, khususnya dalam memberi pengertian kepada seseorang. Bagi yang demikian  tentu  tidak  megalami kesulitan atau kesengsaraan, seperti yang saya alami. Memang 'pemantik yang sama' bisa menimbulkan reaksi internal yang berbeda pada masing-masing orang. 'Pemantik yang berbeda' dapat membangkitkan konflik batin dalam intensitas dan waktu yang kurang-lebih sama, bagi masing-masing orang. Jadi, 'pemantik' bersifat relatif terhadap intensitas dan jangka konflik, tergantung pembawaan dan 'kemampuan seseorang dalam mengendalikan dirinya'.
Nah kemampuan mengendalikan diri' inilah yang dapat dilatih. Ia bukan semata-mata merupakan pembawaan seseorang. Seorang teman saya mengatakan bahwa ia telah hidup sebagai 'vergi' selama 6 tahun; sebelumnya, ia mempunyai pembawaan keras .Sejak beberapa tahun belakanganpun ia lebih jarang sakit. Ia memang kini tampak lebih luwes dan tidak doyan ngotot seperti dahulu. Dengan menerapkan pola makan 'vegetarian', ternyata memang dapat meningkatkan kemampuan dirinya untuk mengalah. Banyak ahli yang menyarankan untuk menerapkan pola ini, berikut dengan penjelasan tentang keuntungan-keuntungannya bagi kesehatan jasmaniah dan kejiwaan. Kemampuan mengalah memang perlu diupayakan secara mandiri. Secara keseluruhan, upaya-upaya serupa termasuk upaya 'pengendalian diri'.

Mengalah Sebagai Hasil 'Pengendalian Diri'

Seseorang mengalah, bisa karena ketidak-mampuannya untuk mengadakan perlawanan terhadap suatu tekanan tertentu. Mengalah serupa bersifat semu dan temporer, oleh karena ia akan segera melakukan perlawanan ketika merasa telah cukup mampu. Selama ini belum menemukan momentumnya yang tepat, ia ibarat 'api didalam sekam' yang tetap membara, dan siap meletup setiap saat, Ini bukanlah mengalah yang sesungguhnya, namun lebih merupakan suatu strategi .Yang seperti ini lebih berat pada katagori 'dendam' (dwesa). Ini perlu dicermati, mengingat tampak permu¬kaannya bisa sama dengan mengalah secara tulus ataupun merupakan hasil pengendalian diri. Sebagai ilustrasi, ada baiknya disampaikan contoh kasus tentang paradigma 'mengalah semu' ini. Untuk itu, mari kita coba menyimak perjuangan kemerdekaan bangsa India.
Mahatma Gandhi, bapak bangsa India, lebil dikenal sebagai seorang 'santo' pemimpin bangsa India dalam perjuangan melalui cara-cara 'tanpa-kekerasa' (Ahimsa). Beliau membimbing bangsanya, dalam perjuangan melalui prinsip-prinsip satyagraha (mendasarkan perjuangan pada ajaran-ajaran kebenaran), swadeshi (mencakupi kemampuan sendiri guna mengurangi ketergantungan pada pihak penjajah) dan non-kooperatif (pembambangan sipil), disamping Ahimsa- yang paling populer itu.
Bila kita cermati lagi perjalanan perjuangan tersebut, maka kita temukan bahwa banyak kematian yang dialami oleh para pengikut Gandhi, yang tentu diikuti dengan penderitaan dari keluarga maupun kerabat dekat dari yang meninggal dalam, perjuangan kemerdekaan itu. Tercatat beberapa pembantaian dan tindak-tindak kekerasan lainnya dilakukan oleh pihak kolonial, melalui angkatan bersenjata yang kebanyakan terdiri orang-orang India sendiri. Lebih jauh lagi, pada masa itu masalah kasta masih merupakan masalah sosio-kultural yang besar bagi India. Sesuai situasi dan kondisi saat itu, tentara kolonial sebagian besar tentu dari kasta tertentu. Para raja-raja kecil dan bangsawan serta tuan-tuan tanh dirangkul oleh pihak kolonial, demikian pula para brahmana-nya, relatif tak diusiknya. Bahkan bisa jadi mereka malah dimanfaatkan oleh penguasa kolonial untuk meredam gejolak-gejolak anti-kolonial, yang terjadi pada strata bawah masyarakat India.
Mohandas Gandhi terlahir pada tanggal 2 Oktober 1869 dilinkungan keluarga Vasya. Ayahnya menjadi Mentri pertama untuk negara bagian kebangsawanan kecil Porbandar, dan ibunya, Pulitbai, disebutkan sebagai wanita Hindu yang sangat religius. Gandhi kecil hidup dalam keluarga Hindu yang berbahagia, yang berkecukupan. Di rumahnya tersimpan banyak buku dan hidupnyapun cukup nyaman. Seluruh keluarganya memang tidak makan daging. Jadi, Gandhi kecil memang telah terbiasa berpola makan vegetarian.
Seperti dimaklumi, Vaisya adalah kasta pada urutan ketiga, sesudah Brahmana dan Ksatrya menurut strata sosio-kultural India, kemudian menyusul Sudra. Paria atau juga kaum Chandala adalah kelompok masyarakat rendah, tanpa kasta dan tak layak-sentuh. vaisya, menurut garis keturunan, terposisikan sebagai kelompok masyarakat yang bergerak dihidang pergdagangan, perkebunan dan budidaya lahan serta perekonomian secara luas. Sebagai putra bangsa India yang terlahir dan dibesarkan dalam keluarga Vaisya, Gandhi kecil tentu merasakan betapa kekayaan serta harta-bendanya tiada arti dalam mengangkatnya dalam sistem sosio-kultural In¬dia tersebut. Walaupun ia termasuk sukses sebagai pengacara dan mengelola sebuah jasa advokasi di Afrika Selatan, namun perlakuan menyeluruh terhadapnya, tetap sesuai dengan tatanan yang berlaku dalam masyarakat India.
Akumulasi dari kesan-kesan masa kecil, tekanan sistem masyarakat dan tekanan pihak kolonial tehadap bangsa India, menguatkan gejolak yang terjadi didalam hati seorang Gandhi muda. Melalui pendidikan hukum yang diperoleh di Inner Temple Inn of Court di London-Inggris, beliau terbekali wawasan yang luas; dan sejalan dengan itu pula, tumbuhlah rasa percaya diri untuk meberontak terhadap semua kondisi yang menghimpit itu. Merangkul dan memberi simpati besar pada kaum Paria dan Keshandalaan dilihatnya sebagai pijakan strategis untuk menarik simpati politis dari bangsa India sendiri, pihak kolonial maupun dari pihak-pihak internasional. Ini sesuatu yang amat penting, bagi perjuangan nanti. Kaum tetindas inilah yang selanjutnya disebut sebagai kaum 'Harijan' Atau-anak Tuhan' oleh Gandhi. Walaupun beliau akhirnya mesti membayar kemerdekan dan perubahan mendasar dari sistem sosio-kultural bangsa India, amat mahal. Akan tetapi Gandhi adalah prototipe yang berhasil menggunakan latihan-latihan pengendalian diri secara pasif sekaligus mengembangkan batinnya dengan sukses. Beliau berbasil memenangkan pertempuran didalam-hingga batas-batas tertentu dan tentu juga pertempuran diluar yang tanpa kekerasan. Pengendalian diri yang baik adalah salah-satu wujud keberhasilan 'pengembangan batin'. Pola makan veg¬etarian, disebut juga dengan mebrata' di Bali atau Vrata adalah salah satu laku dalam upaya pengembangan batin.

Mengalah Menuntut Keberanian Yang Cukup

Mengalah terlebih dahulu untuk meraih kemenangan dikemudian hari dan demi kepentingan yang lebih luas, seperti didemonstrasikan oleh Gandhi, memang menuntut pengorbanan yang yang tidak kecil. Untuk hidup sederhana Gandhi, sementara beliau berlatar belakang cukup materi, bukanlah perjuangan didalam yang kecil. Beberapa kali beliau mengadakan Pativrata-berpuasa sampai mati-adalah keberanian yang bukan main, bagi manusia kebanyakan. Beliau juga mesti membekali pengertian yang cukup pada keluarga, khususnya Kasturba-istrinya-tentang apa yang sesungguhnya beliau perjuangkan. Dorongan untuk mengutamakan diri sendiri, dengan gagah-beraninya beliau kikis hingga batas-batas tertentu, untuk diarahkan bagi kebaikan dan kemerdekaan bangsanya. Bahkan di saat -saat usia senjanya Gandhi masih melakukan Pativrata-salah satu senjata pribadinya yang dahsyat.
Pada bulan Januari 1948; ketika beliau berusia 78 tahun, beliau mengumumkan maksudnya untuk mulai berpuasa sampai mati lagi. Beliau berkata : "Puasa akan kuakhiri bila aku telah yakin bahwa ada pertemuan dari hati ke hati antara semua komunitas." Itulah yang tercatat sebagai 'puasa besar'-nya yang ke-18, yang juga merupakan yang terakhir sebelum beliau tewas pada tanggal 29 Januari 1948 oleh tembakan seorang maniak gila.
Secara khusus, Sri Swami Sivananda Saraswati memberikan pujian yang tinggi kepada Gandi, mengingat keberaniannya itu.
".........Terimaksihku pada Rasul Ahimsa-Mahatman Gandhiji-India telah membuktikan secara meyakinkan pada kemanusiaan ada sesuatu kekuatan yang dahsyat dari itu tindakan tanpa kekerasan Gandhiji telah mendemonstrasikannya pada dunia, bahwa cinta kasih adalah suatu kekuatan, bahwa cinta-kasih mampu menaklukan.", demikian Swamiji mengungkapkan pada pesan-pesan beliau saat diadakan suatu upacara bendera yang dilaksanakan oleh Menteri Kesehatan negara bagian terakhir Garwal, K.N. Gairola.
Dalam kesempatan yang sama, beliau juga mengatakan: "patriotisme adalah langkah pertama menuju universalisme. Kecintaan seorang kepada negaranya, merupakan penghantar pada cinta-kasih kosmis atau cinta-kasih Tuhan. Terutama adalah guna menghancur-leburkan kerendahan dari kencendrungan utama untuk mementingkan diri sendiri. Pelayanan tanpa-kekuatan pada negara, segera akan berkembang menjadi pelayanan tanpa-kekuatan pada negara, segera akan berkembang menjadi pelayanan tanpa -kekuatan pada kemanusiaan, ia akan dengan cepat menghaluskan dan meningkatkan ego-individualnya, dan mencapai Kesadaran Tuhan".
Bahkan Einstein pun berkomentar /'Generasi-generasi yang akan datang mungkin hampir tidak percaya bahwa orang seperti ini memang benar-benar pernah hidup di muka bumi."
Banyak keuntungan bagi mereka yag mampu mengalah. Ia mensyaratkan keberanian yang cukup, untuk mencapainya. Intinya adalah keber¬hasilan dalam 'pengendalian diri' secara internal. Akhirnya dari amatan kita tentang mengalah, serta praktek spiritual-Pativrata-yang diterapkan Gandhi sebagai senjata ampuh pribadinya dapat kita simpulkan bahwa: mengalah memang menuntut keberanian, ia merupakan perjuangan aktif didalam manum fasif di luar. Sesungguhnya ia adalah hasil dari perjuangan secara proaktif, melalui Sadliana.
Sikap mengalah dapat dilath dan ditumbuh kembangkan, sebagai bagian dari suatu 'seni olah batin timur'. Keadilan, kesetaraan, kemerdekaan serta kedamaian dan kebahagiaan sesungguhnya adalah hasil perjuangan manusia, yang harus diawali di dalam dan dilaksanakan secara mandiri. Bagi umum, ia bukanlah semata-mata anugerah. Amat banyak kisah perjuangan manusia, dalam kisah nyata maupun mithologi-mithologi kuno, yang membuktikan kedahsyatan dari Tapa-Brata. Dan itu juga kita warisi sebagai salah satu harta karun budaya bangsa.
Dalam banyak hal, sesungguhnya bangsa Indonesia telah terbekali ajaran-ajaran luhur, yang bila diterapkan dengan baik dan sungguh-sungguh dapat menjadikan bangsa ini bangsa yang besar, sejajar dengan bangsa-bangsa lain manapun di muka bumi ini. Manusia-manusia besar pernah terlahir kebesarannya, menuju kesejahtraan dan kedamaiannya. Semoga bangsa kita mencapai apa yang menjadi cita-cita luhurnya!.

Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Om, tat astu rahayu makesami...

Sumber:
Juru Sapuh

Comments