Pada hakekatnya tujuan utama Ilmu pengetahuan khususnya kerohanian adalah mengantarkan masyarakatnya untuk dapat hidup sejahtera, tentram dan damai sepanjang waktu. Para leluhur pada Jaman dahulu telah merumuskan nilai-nilai pengetahuan ketuhanan yang sederhana namun kaya filosophf pada etika sosial, proses sadhana dan ritual upakara ( bhakti dan karma marga ). Begitupula pada golongan masyarakat tertentu juga sudah dirumuskan prinsip pengetahuan utama yakni rahasia kehidupan dan kesadaran ketuhanan yang tertinggt ( jnana dan raja marga ).

Rumusan-rumusan pengetahuan ketuhananini memiliki dasar yang kuat pada masing-masing penggalinya yang disebut sampradaya atau sekte, sepertl Pasupataya, Ganapataya, Siwa Sampradaya, Sekte Indra, Sekte Bairawa, Kamahayanan, Kasogathan dan yang lainnya. Pada abad pertengahan semua sampradaya dan faham yang ada disatukan oleh Mpu Kuturan menjadi faham tri murti yakni sebuah ajaran yang hanya memiliki dasar ketuhanan pada Dewa Brahma, Desa Wisnu dan Dewa Siwa. Inilah yang menjadi cikal bakat penyatuan masyarakat bali yang sebetumnya terpecah-pecah kedalam sampradaya atau sekte. Penyatuan masyarakat Bali ini dibuatkan sistem kemasyarakatn lagi dengan nama Desa pakraman dengan memiliki tiga kahyangan yakni kahyangan puseh, kahyangan desa dan kahyangan dalem dengan pelaksanaan penyelenggaraan.

Yajnya dan kegiatan lainnya menyesuaikan pada wilayah setempat.



Mengenai Mudra

Mengenai Mudra

QUESTION:

Tanggal 2 s/d 4 September 2000 sane wawu langkung ring Pura Maduwe Karang Desa Kubutambahan, kawentenang penataran pemangku se-Kecamatan Kubutambahan sane kemiletin kirang langkung satus diri.
Sedaweg punika wenten penatar saking PHDI Kabupaten Buleleng maosang nenten kedadosang Pinandita/ Pemangku ritatkala nganteb ngangge mudra.
Sane ngawinang titiang bingung, benjangne penatar sane lianan saking PHDI taler, maosang mudra mangde kemargiang oleh Pinandita/ Pemangku ritatkala nganteb.
Sane tunasang titiang, kapertama: napi mawinan penatar sane molihang pituduh tunggil saking atasan dane dados tan prasida nunggilang bebawos (elit tidak satu persepsi).
Sane sampun akeh panggihin titiang mudra wantah dados kelaksanayang oleh Pinandita/ Pemangku. Sane nyihnayang wantah:
1. Buku Weda Parikrama saking Gede Puja MA,SH, ring halaman 7 kesinahang Pinandita dados ngangge mudra; ring halaman 364 s/d 370 medaging gambar-gambar mudra rauhing piteges-pitegesnyane jangkep pisan.
2. Buku Dasar Kepemangkuan saking Kapten Inf. I Nyoman Satrya Atmanadi BA ring halaman 58 s/d 62 taler kesinahang indik mudra sumangden kemargiang olih Pinandita/ Pemangku.
Buku inucap kalingga tanganin oleh Bapak I Gede Puja MA.SH, (Dirjen Bimas Hindu/ Buddha) taler olih Bapak I.B. Oka Puniaatmaja (Ketua PHDI Pusat).
3. Buku Tattwa tanya jawab Hindu Dharma oleh Ida Sri Reshi Ananda Kusuma halaman 66 maosang: Rohaniawan Hindu ritatkala mamuja sumangdene sampun prasida ngemargiang mudra seantukan tatujon ipun mangde upacara prasida lantur tan wenten kapialangan punapa-punapi.
4. Saking Guru suci Raja Yoga Atman Buddhi Denta, Desa Kubutambahan Bapak I Gede Winaca Dangin SPD, saking cecingak bathin dane maosang rohaniawan Hindu patut pisan ritatkala mamuja sampun ngemargiang mudra sumangden upacara prasida memargi lantur nenten manggihin alangan punapa-punapi.
Pitaken sane kaping kalih titiang wantah ngelungsur majeng ring Ida Pandita Bhagawan, sumangde prasida mapaica pemargi indik patut tan patut Pinandita ngemargiang mudra.
Dahating suksma aturang titiang.

ANSWER:
Suksma antuk pitaken Dane Jero Mangku Gede, sinah sampun Jero akeh ngewacen buku-buku Agama Hindu mawinan Jero mresidayang ngaturang pitaken sekadi ring ajeng.
Mangkin Pandita jagi nyawis pitaken punika antuk Bahasa Indonesia, mawinan semeton Hindu-ne mangkin nenten wang Bali kemanten, taler wenten saking Jawi miwah tiosan, sane mabuat pisan taler uning ring paindikane puniki.
MUDRA seperti yang diuraikan dalam Buku Mudra’s on Bali karangan Kat Angelino, berasal dari kata “mud” yang berarti “membuat senang”. Dalam hal ini maksudnya adalah membuat senang para Dewata yang dipuja.
Mudra diwujudkan dalam sikap-sikap badan, sikap-sikap tangan, dan sikap-sikap jari ketika memuja.
Dengan demikian secara singkat dapat dirumuskan bahwa Mudra adalah sikap atau gerakan badan yang sakral yang digunakan dalam pemujaan, termasuk sikap duduk padmasana, sikap berdiri pada asana, sikap tangan dewa pratista, sikap tangan amusti karana, sikap mebakti, sikap-sikap yoga, dan lain-lain.
Sikap-sikap ini tidak hanya membuat senang para Dewata, tetapi juga membawa rasa tenteram ke alam batin bagi yang melakukannya. Berdasar keterangan itu:
MUDRA SECARA UMUM DAPAT DILAKUKAN OLEH SIAPA SAJA KETIKA MEREKA MENGUATKAN BATIN DAN BERKONSENTRASI MEMUJA TUHAN/ IDA SANGHYANG WIDHI WASA.
Menurut Lontar Argha Patra, mula-mula di India ada 108 jenis mudra, tetapi yang dikembangkan di Indonesia hanya 55 jenis, dan yang populer hingga saat ini ada 32 jenis.
Sikap-sikap mudra diperoleh mula-mula dari Anumana Pramana kekuatan batin para Maha Rsi. Dasar utama melakukan mudra adalah kesucian batin. Penggunaannya hanya untuk kepentingan memuja Tuhan/ Ida Sanghyang Widhi Wasa, tidak dilakukan secara sembarangan.
Setiap orang dapat memilih diantara 55 jenis mudra yang sesuai dengan kebutuhan pemujaan.
Misalnya bagi para walaka ketika mepuja Trisandya, menggunakan mudra Padmasana dan Amusti Karana; untuk Pinandita/ Jero Mangku menggunakan Astra Mudra ketika nganteb; untuk Sang Sadaka menggunakan mudra lengkap ketika Ngarga Tirta dan Ngili Atma.
Sikap-sikap mudra senantiasa diikuti mantra-mantra tertentu. Bagi para walaka ketika bersikap mudra Padmasana mengucapkan mantra: Om padmasana ya namah, Om prasadastiti sarira siwa suci nirmala ya namah swaha. Bagi Pinandita/ Jero Mangku ketika bersikap Astra Mudra, mengucapkan Astra Mantra.
Bolehkah walaka dan Pinandita/ Jero Mangku menggunakan 55 jenis mudra? Boleh saja, namun apa gunanya. Seperti penjelasan di atas, mudra tidak berdiri sendiri; mudra senantiasa diikuti mantra, dan mantra digunakan untuk tujuan tertentu.
Misalnya mudra-mudra untuk Ngili Atma hanya digunakan oleh Sang Sadaka karena proses Ngili Atma hanya dapat dilakukan oleh mereka yang sudah Dwijati, sedangkan bagi Ekajati belum mampu melakukan Ngili Atma.
Kesimpulan jawaban Pandita adalah:
PINANDITA/ JERO MANGKU DAPAT MENGGUNAKAN MUDRA TERTENTU SESUAI DENGAN KEBUTUHAN PEMUJAAN, DAN SEBAIKNYA DENGAN BIMBINGAN SANG SADAKA.
Untuk menambah pengetahuan Jero tentang mudra bacalah buku: Surya Sevana, The Way to God of a Balinese Siva Priest, karangan C. Hooykaas, penerbit: N.V. Noord Hollandsche Uitgevers Maatschappij, Amsterdam, 1966. Buku ini ada di Gedong Kirtiya, Singaraja.
Mengenai pertanyaan lainnya menyangkut pendapat yang berbeda-beda diantara para penatar kiranya dimaklumi bahwa tidak semua orang pernah belajar atau membaca acuan yang sama.
Weda itu sangat luas bagaikan lautan, dan terurai bagaikan butir-butir mutiara yang berserakan, kita wajib memungut satu persatu atas ketekunan kita mengejarnya.
Bagaimanapun pintarnya manusia, ia tidak akan pernah sempurna dalam pengetahuan, karena yang sempurna itu hanya satu yaitu Ida Sanghyang Widhi Wasa.



Sumber:
http://stitidharma.org
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/f4/43/c0/f443c0c26cdd1fb0c27f6c9e4a38b442.jpg

Comments